Rabu, 1 Februari 2012

Al-Quran Kayu Terbesar Di Dunia

Al-quran terbesar setinggi 18,5 meter dan panjang 1,2 meter di Palembang, Sumatera Selatan, yang diperbuat dari pahatan kayu menjadi Al-quran terbesar di dunia.  Al-quran 30 juzuk dengan ukiran kayu itu dibuat selama sembilan tahun oleh para santri dan pengajar Pondok Pesantren Modern Indo Global Mandiri (IGM), Gandus, Palembang, Sumatera Selatan.

Al-Quran pahatan kayu terbesar didunia

Al-quran terbesar itu sudah dirasmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kelmarin di Palembang, semasa acara Persidangan Negara Islam anggota OKI (PUIC). Al-quran terbesar dengan 630 halaman ini terbuat dari ukiran kayu trembesi. Al-quran yang menjadi daya tarik peserta persidangan antarabangsa itu dibuat atas inisiatif tokoh muda Islam, Syofwatillah Mozaib.

Kini, Al-quran tersebut disimpan di Pesantren Al Ikhsaniyah di Gandus, Palembang. Al-quran yang proses pemahatannya berlangsung pada 2003 sampai 2008 itu sebelumnya sempat dipamerkan dan disimpan di Masjid Agung Palembang.

Ketebalan Al-quran mencapai 9 meter dengan ukuran halaman 177 x 140 x 2,5 cm. Sebanyak 40  keping kayu trembesi dihabiskan untuk membuat Al-quran terbesar ini.  
Al-Quran kayu terbesar ini dibuat dari kayu trembesi


4 ulasan:

Suzie berkata...

kreatif tapi x tahu berguna tak untuk pelawat .kalau melawat then dapat baca sikit oklah kan .

Ila berkata...

cantiknya

laskar pelangi berkata...

Ngeeee~kreatifnyeeee~

nunun noordin berkata...

ya Allah besarnya

HAK MILIK : http://cthoney.blogspot.com/